Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi melalui pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran.(Permendikbud No.81 Tahun 2013)
Dalam perencanaan penilaian peserta didik kita harus dapat menyesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai. Prinsip-prinsip Penilaian diantaranya adalah 1) Sahih : Penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang di ukur, 2) Objektif : Penialain di dasarkan pada prosedur dan kriteria jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai, 3) Adil : Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender, 4) Terpadu : Penialain oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran, 5) Terbuka : Prosedur penialian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan, 6) Penialain oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembanagn kemampuan peserta didik.
Baca juga artikel menarik tentang: Cara download Video Pembelajaran Bagi Para guru
Baca juga artikel menarik tentang: Cara download Video Pembelajaran Bagi Para guru
Penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilihat dari tiga aspek yaitu aspek Pengetahuan, aspek Keterampilan, dan aspek Sikap.
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, Penilaian antar teman dan jurnal. Kompetensi sikap yang dinilai yaitu sikap spriritual dan sikap sosial.
Teknik dan Instrumen Penilaian sikap dapat dilihat pada tabel berikut :
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian diri
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester.
|
Penilaian antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik
dinilai oleh 3 peserta didik lainnya.
|
Jurnal
|
Catatan pendidik tentang sikap dan perilaku positif
atau negatif, selama dan di luar proses pembelajaran mata pelajaran.
|
Berupa catatan guru tentang sikap dan perilaku
positif atau negatif peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata
pelajaran.
|
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dapat dilakukan dengan tes tulis, tes lisan, dan penugasan. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Tes tulis
|
· Memilih
jawaban (pilihan ganda, dua pilihan benar-salah, ya-tidak), menjodohkan,
sebab-akibat.
· Mensuplai
jawaban (isian atau melengkapi, jawaban singkat atau pendek, uraian).
|
Observasi
|
· Daftar
cek observasi guru terhadap diskusi, tanya jawab dan percakapan.
|
Penugasan
|
· Instrumen
penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang
dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
|
Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan dapat di download : di sini
3.Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan meliputi keterampilan konkret dan keterampilan abstrak, Keterampilan konkret mencakup aktivitas menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat atau mencakup imitasi, manipulasi, presisi, aktualisasi, dan naturalisasi. Untuk keterampilan abstrak mencakup aktivitas menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan ,mengarang atau mencakup mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar. Teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan dapat dilihat pada tabel berikut :
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Keterangan
|
Unjuk kerja/ kinerja/ praktik
|
· Daftar
cek, dengan menggunakan daftar cek, peserta didik mendapat nilai bila
kriteria penguasaan kompetensi tertentu dapat diamati oleh penilai.
· Skala
Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yang menggunakan skala
penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan
kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum dimana pilihan
kategori nilai lebih dari dua.
|
Penilaian unjuk kerja/ kinerja/praktik
disebut juga penilaian tugas yang dilakukan dengan cara mengamati kegiatan
peserta didik dalam melakukan sesuatu.
Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai
ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu.
Penilaian Tugas adalah penilaian atas proses dan
hasil pengerjaan tugas yang dilakukan langsung
secara individu atau kelompok.
|
Projek
|
· Penilaian
projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pelaporan.
· Untuk
menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.
|
Penilaian projek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman,
mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas.
Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, sampai pelaporan.
|
Produk
|
· Daftar
cek atau skala penilaian (rubrik)
|
Penilaian produk menilai kemampuan peserta didik
membuat produk-produk, teknologi, dan seni.
|
Portofolio
|
· Daftar
cek atau skala penilaian (rubrik)
|
Penilaian portofolio pada dasarnya menilai
karya-karya peserta didik secara individu pada satu periode untuk suatu mata
pelajaran.
|
Tulis
|
· Tes
tulis, daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
|
Penilaian tulis juga digunakan untuk menilai ranah keterampilan,
seperti menulis karangan, menulis laporan, dan menulis surat, laporan
keuangan, dsb.
|
Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan dapat di download : di sini
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI
Dalam Kurikulum 2013 menggunakan skala skor 1,00 - 4,00. untuk masing masing ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap digunakan penskoran dan pemberian predikat sesuai dengan tabel berikut.
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI
Dalam Kurikulum 2013 menggunakan skala skor 1,00 - 4,00. untuk masing masing ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap digunakan penskoran dan pemberian predikat sesuai dengan tabel berikut.
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
Modus
|
Predikat
|
Skor Rerata
|
Huruf
|
Capaian Optimum
|
Huruf
|
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
||
3,00
|
B
(Baik)
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,85 – 3,17
|
B
|
||
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
||
2,00
|
C
(Cukup)
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,85 – 2,17
|
C
|
||
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
||
1,00
|
K
(Kurang)
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Setiap sekolah mempunyai aturan masing-masing untuk memudahkan guru dalam memberikan penilaian, salah satunya adalah penggunaan aplikasi konversi dari skala 100 ke skala 4. Sebagai contoh saya akan memberikan contoh aplikasi penilaian dan dapat di download : di sini
Demikian Semoga bermanfaat dan insya allah ada kelanjutannya.....
Terima Kasih.
Demikian Semoga bermanfaat dan insya allah ada kelanjutannya.....
Terima Kasih.
No comments:
Post a Comment