Thursday, December 10, 2015

STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013



Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi melalui pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran.(Permendikbud No.81 Tahun 2013)


Dalam perencanaan penilaian peserta didik kita harus dapat menyesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai. Prinsip-prinsip Penilaian  diantaranya adalah 1) Sahih : Penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang di ukur, 2) Objektif : Penialain di dasarkan pada prosedur dan kriteria jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai, 3) Adil : Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender, 4) Terpadu : Penialain oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran, 5) Terbuka : Prosedur penialian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan, 6) Penialain oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembanagn kemampuan peserta didik.

Baca juga artikel menarik tentang: Cara download Video Pembelajaran Bagi Para guru
Penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilihat dari tiga aspek yaitu aspek Pengetahuan, aspek Keterampilan, dan aspek Sikap.  

1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, Penilaian antar teman dan jurnal. Kompetensi sikap yang dinilai yaitu sikap spriritual dan sikap sosial. 
Teknik dan Instrumen Penilaian sikap dapat dilihat pada tabel berikut :

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester.
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 3 peserta didik lainnya.
Jurnal
Catatan pendidik tentang sikap dan perilaku positif atau negatif, selama dan di luar proses pembelajaran mata pelajaran.
Berupa catatan guru tentang sikap dan perilaku positif atau negatif peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
 
Contoh Instrumen Penilaian sikap dapat di download  : di sini 

2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan dapat dilakukan dengan tes tulis, tes lisan, dan penugasan. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :

Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Tes tulis
·   Memilih jawaban (pilihan ganda, dua pilihan benar-salah, ya-tidak), menjodohkan, sebab-akibat.
·   Mensuplai jawaban (isian atau melengkapi, jawaban singkat atau pendek, uraian).
Observasi
·   Daftar cek observasi guru terhadap diskusi, tanya jawab dan percakapan.
Penugasan
·   Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
 

Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan dapat di download : di sini 

3.Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan meliputi keterampilan konkret dan keterampilan abstrak, Keterampilan konkret mencakup aktivitas menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat atau mencakup imitasi, manipulasi, presisi, aktualisasi, dan naturalisasi. Untuk keterampilan abstrak mencakup aktivitas menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan ,mengarang atau mencakup mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar. Teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan  dapat dilihat pada tabel berikut :



Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Unjuk kerja/ kinerja/ praktik
·   Daftar cek, dengan menggunakan daftar cek, peserta didik mendapat nilai bila kriteria penguasaan kompetensi tertentu dapat diamati oleh penilai.

·   Skala Penilaian (Rating Scale). Penilaian kinerja yang menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum dimana pilihan kategori nilai lebih dari dua.
Penilaian unjuk kerja/ kinerja/praktik disebut juga penilaian tugas yang dilakukan dengan cara mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.
Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu.
Penilaian Tugas adalah penilaian atas proses dan hasil pengerjaan tugas yang dilakukan langsung secara individu atau kelompok.
Projek
·   Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pelaporan.
·   Untuk menilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.
Penilaian projek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas.
Penilaian projek dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pelaporan.
Produk
·   Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
Penilaian produk menilai kemampuan peserta didik membuat produk-produk, teknologi, dan seni.
Portofolio
·   Daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
Penilaian portofolio pada dasarnya menilai karya-karya peserta didik secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran.
Tulis
·   Tes tulis, daftar cek atau skala penilaian (rubrik)
Penilaian tulis juga digunakan untuk menilai ranah keterampilan, seperti menulis karangan, menulis laporan, dan menulis surat, laporan keuangan, dsb.
Contoh Instrumen Penilaian Pengetahuan dapat di download : di sini
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI
Dalam Kurikulum 2013 menggunakan skala skor 1,00 - 4,00. untuk masing masing ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap digunakan penskoran dan pemberian predikat sesuai dengan tabel berikut.


Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
Modus
Predikat
Skor Rerata
Huruf
Capaian Optimum
Huruf
4,00
SB
(Sangat Baik)
3,85 – 4,00
A
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,51 – 3,84
A-
3,00
B
(Baik)
3,18 – 3,50
B+
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,51 – 2,84
B-
2,00
C
(Cukup)
2,18 – 2,50
C+
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,51 – 1,84
C-
1,00
K
(Kurang)
1,18 – 1,50
D+
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
1,00 – 1,17
D
Setiap sekolah mempunyai aturan masing-masing untuk memudahkan guru dalam memberikan penilaian, salah satunya adalah penggunaan aplikasi konversi dari skala 100 ke skala 4. Sebagai contoh saya akan memberikan contoh aplikasi penilaian dan dapat di download : di sini

Demikian Semoga bermanfaat dan insya allah ada kelanjutannya.....
Terima Kasih.






No comments:

Post a Comment